Demo Site

Jumat, 26 Maret 2010

Menunggu Kehadiran Bebek Matik

3940yamahagosup.jpgSampai akhir 2009 lalu, setidaknya satu model baru keluaran PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) sudah diluncurkan secara resmi. Yakni New Jupiter-Z. Motor berkapasitas 113 cc ini merupakan satu dari 7 motor baru Yamaha yang bakal dihadirkan dalam waktu dekat ini.

Untuk tipe sport, secara diam-diam PT YMKI sudah meluncurkan minor change untuk V-ixion. Perbedaan paling jelas dari tipe ini dari pendahulunya yakni desain headlamp yang lebih sporty.

Kabar lainnya YMKI masih punya beberapa tipe motor sport. Isunya akhir Februari atau Maret 2010, pabrikan berlambang garputala ini berencana mengeluarkan Byson. Motor kapasitas mesin 153 cc ini, lebih besar 3,2 cc dari Yamaha V-ixion yang hanya 149,8 cc.

Tetapi untuk teknologi, Byson menggunakan karburator, tidak secanggih V-ixion yang menggunakan sistem pasokan bahan bakar injeksi. Karenanya, harga Byson diperkirakan lebih murah dibanding V-ixion. Di India, Byson sudah dilaunching dengan menghadirkan Valentino Rossi. Mungkin di Indonesia juga begitu.

Byson diposisikan menemani motor sport Yamaha lain. Di antaranya V-Ixion dan Scorpio yang selama ini berhasil di segmen motor sport.

Terkait dengan ini, President PT YMKI Yoshiteru Takahashi yang pernah bertemu Em-Plus langsung saat kejurdu MotoGP di Malaysia mengungkapkan, di antara motor baru itu, ada varian yang memang belum pernah ada sebelumnya.

“YMKI sudah punya beberapa amunisi baru untuk merebut pasar sepeda motor di Indonesia,” jelasnya saat nonton bareng MotoGP di Malaysia 2009 lalu.


 Tipe ini sangat mungkin tipe bebek matik. Yamaha menamakannya Y.C.A.T. (Yamaha Compact Automatic Transmission). “Kapasitasnya 125 cc. Kalau di Vietnam namanya Lexam. Lagi di tes sekarang,” papar sumber Em-Plus di YMKI.

Kabarnya bebek matik ini bakal diluncurkan akhir Juli atau awal Agustus. Lexam menggunakan teknologi Continuously Variable Transmission alias CVT mirip dengan yang digunakan pada skubek umumnya. Kemungkinan bebek matik ini akan diluncurkan di Indonesia pada saat gelaran akbar tahunan IIMS.

Peluru baru Yamaha lainnya adalah X1R yang di Thailand sudah lama dilaunching. Mesinnya seperti Jupiter MX135LC dan lampu depan model Nouvo-Z dengan setang telanjang.

Bebek ini masih jadi simpanan YMKI dan tunggu momen yang tepat. Hasrat untuk cepat memasarkan X1R tidak tampak. Mungkin YMKI ragu dengan modelnya.

Terakhir, MX berteknologi injeksi.Kabarnya, bebek ini akan meramaikan pasar motor Tanah Air setelah lebih dulu Vega ZR dan New Jupiter-Z, dengan penyempurnaan di sektor mesin. Kabarnya Yamaha Jupiter MX 135LC juga akan diluncurkan akhir tahun ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar & Saran

Mengenai Saya

Foto Saya
wido'e
“Jangan sesekali mengucapkan selamat tinggal jika kamu masih mau mencoba. Jangan sesekali menyerah jika kamu masih merasa sanggup. Jangan sesekali mengatakan kamu tidak mencintainya lagi, jika kamu masih tidak dapat melupakannya.”
Lihat profil lengkapku

ShoutMix chat widget

ShoutMix chat widget