Demo Site

Rabu, 17 Maret 2010

Masalah Gigi Bisa Sebabkan Kelahiran Prematur

Kondisi gigi memang harus selalu dijaga, bukan hanya ketika sedang merasa sakit atau ada keluhan. Fungsinya menjaga kesehatan gigi adalah untuk jangka panjang dan sangat penting,  terutama bagi para wanita yang merencanakan kehamilan atau sedang hamil.

Sebuah penelitian menunjukkan, wanita yang mengalami masalah pada gigi atau gusinya, berisiko tiga kali lebih besar melahirkan bayi prematur dibandingkan wanita dengan gigi yang sehat. Wanita yang bermasalah pada kondisi giginya, berisiko melahirkan kurang dari 35 minggu.
Penelitian ini melibatkan wanita yang kehamilannya berusia 6 hingga 20 minggu. Sebanyak 160 partisipan terdiagnosa memiliki masalah pada gigi dan mulut, yang kemudian dibandingkan dengan 872 wanita hamil dengan kondisi gigi dan mulut yang sehat. Hasil penelitian menunjukkan, wanita hamil yang bermasalah pada giginya dan menjalani perawatan risiko kelahiran prematur bisa dikurangi.

"Ini adalah bukti lebih lanjut bahwa wanita hamil harus lebih menjaga gigi mereka dan menerima perawatan yang tepat selama kehamilan untuk mengurangi risiko besar bayi lahir prematur," kata kepala British Dental Health Foundation, dr. Nigel Carter..
"Disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan, beberapa wanita mungkin harus lebih perhatian terhadap kesehatan gigi selama kehamilan. Sebagai contoh, saat gusi sering berdarah," kata dr. Nigel menjelaskan.

Jadi, selain memperhatikan kondisi janin dan kesehatan tubuh, saat hamil Anda juga harus memperhatikan kebersihan gigi dan mulut. Hal ini untuk mengurangi risiko bayi lahir prematur.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar & Saran

Mengenai Saya

Foto Saya
wido'e
“Jangan sesekali mengucapkan selamat tinggal jika kamu masih mau mencoba. Jangan sesekali menyerah jika kamu masih merasa sanggup. Jangan sesekali mengatakan kamu tidak mencintainya lagi, jika kamu masih tidak dapat melupakannya.”
Lihat profil lengkapku

ShoutMix chat widget

ShoutMix chat widget